Sabtu 28 Mar 2015 02:39 WIB

Militer Nigeria Hancurkan Markas Boko Haram

Rep: c23/ Red: Agung Sasongko
Serangan Boko Haram di Nigeria
Foto: AP
Serangan Boko Haram di Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, NIGERIA –- Militer Nigeria dilaporkan telah menghancurkan markas Boko Haram di Gwoza, Kamis (27/3). Militer juga berhasil mengusir tiga kelompok pejuang di bagian timur laut.

Seperti dilaporkan Aljazeera, Sabtu (28/3), militer Nigeria mengklaim telah berhasil mengusir kelompok pejuang dalam kurun beberapa pekan terakhir.

Juru Bicara Pertahanan Nigeria Mayor Jendral Chris Olukolade mengatakkan beberapa pejuang  tersebut tewas dan banyak yang ditangkap. “Operasi ini juga mulai memburu para pejuang dan mencari para sandera,” katanya.

Pejuang yang dikalahkan militer Nigeria tersebut diyakini melarikan diri ke arah perbatasan. Karena di sana terdapat pasukan multinasional yang siap melibatkan diri.

Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, menyatakan Gwoza merupakan ibukota baru dari kekhalifahan islam. Pernyataan tersebut diangkapkan setelah Boko Haram merebut daerah tersebut pada Agustus tahun lalu.

Setidaknya 10 ribu orang tewas dalam pemberontakan tahun lalu. Dan lebih dari 1,5 juta orang telah mengungsi dari pemukiman mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement