Senin 30 Mar 2015 16:33 WIB

Wali Kota Melbourne Usulkan Larangan Merokok di Luar Ruangan

Red:
Dilarang Merokok
Dilarang Merokok

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Wali Kota Melbourne, Robert Doyle mengusulkan agar semua fasilitas makan dan minum  luar ruangan di kawasan pusat kota bebas rokok.

Quit Victoria, LSM pegiat antirokok  mengatakan, langkah ini bila disetujui oleh Melbourne City Council akan membuat Melbourne menjadi ibu kota negara bagian terakhir di Australia yang melarang merokok seenaknya. Lebih dari itu, publik mendukung langkah yang dilakukan pemerintah.

Direktur Quit Victoria Sarah White mengatakan daerah dimana larangan merokok sudah diberlakukan, kegiatan bisnis di sana meningkat atau tetap sama.

"BIla anda berbicara dengan keluarga, mereka tidak mau membawa anak-anak mereka duduk di kafe luar ruangan, dan anak-anak mereka akan menghirup asap rokok yang berasal dari meja di sebelah, jadi saya kira ini akan membawa manfaat besar bagi budaya kita," kata White baru-baru ini.

"Victoria sebelumnya sudah menjadi garda terdepan dalam usaha menghentikan kegiatan merokok secara internasional, namun dalam hal ini, agak terlambat. Tampaknya sekarang ini Victoria akan menjadi negara bagian terakhir di Australia yang melarang merokok di fasilitas minum dan makan luar ruangan." katanya.

Wali Kota Robert Doyle mengatakan kepada Radio 3AW sudah waktunya warga Victoria mendiskusikan larangan merokok yang lebih ketat.

"Saya kira kebanyakan perokok sekarang ini, bila mereka berada di fasilitas makan luar ruangan, mereka tidak akan duduk di situ dan merokok, mereka akan merokok di tempat lain," kata Doyle.

"Mungkin langkah berikutnya adalah memastikan para perokok tetap bisa merokok, dan juga memastikan bila orang makan di luar mereka tidak akan diganggu oleh asap rokok."

Menteri Utama negara bagian Victoria Daniel Andrews mengatakan kepada Gold FM bahwa ide itu patut dipertimbangkan.

"Saya bisa mengatakan sebagai ayah dari tiga anak-anak yang masih kecil, bila kami mau makan pagi, kami tidak bisa makan di luar." katanya.

"Anak saya yang paling kecil, Joseph menderita asma, sementara fasilitas luar ruangan biasanya adalah tempa bagi para perokok, sehingga banyak keluarga tidak bisa menikmatinya."

"Saya kira sudah waktunya kita mendiskusikan hal ini dan saya kira itulah yang dikehendaki oleh Walikota Doyle." kata Andrews.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement