Rabu 01 Apr 2015 13:26 WIB

Capres Oposisi Nigeria Peroleh Suara Bulat di Borno

Petugas memeriksa kotak suara dalam pemilihan umum Nigeria yang berlangsung Sabtu (28/3) hingga Ahad (29/3)
Foto: AFP
Petugas memeriksa kotak suara dalam pemilihan umum Nigeria yang berlangsung Sabtu (28/3) hingga Ahad (29/3)

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Hasil pemilihan umum, Selasa (31/3), menunjukkan negara bagian Borno di timur laut Nigeria memberikan suara secara bulat kepada calon opisisi Muhammadu Buhari.

Mantan penguasa militer tersebut meraih 473.543 suara di negara bagian itu atau 94 persen dari suara yang telah dihitung.

Jonathan hanya meraih 25.640 suara. Hasil akhir menempatkan Buhari unggul atas Jonathan dengan meraih 2,57 juta suara.

Mereka yang memberikan suara relatif rendah hanya sekitar 30 persen. Borno dilanda kekerasan oleh Boko Haram selama enam tahun. Borno hancur akibat perang selama enam tahun, dengan 13 ribu orang terbunuh dan sebanyak 1,5 juta orang tak memiliki tempat tinggal.

Terjadi perdebatan selama berbulan-bulan mengenai bagaimana mengizinkan mereka yang mengungsi akibat kekerasan dapat memberikan suara karena mereka tidak dapat kembali ke kota-kota dan desa-desa mereka yang hancur.

Tempat-tempat pemungutan suara akhirnya dibangun di dalam atau sekitar kamp-kamp pengungsi bagi para pengungsi, khususnya di ibu kota negara bagian itu, Maiduguri.

Dukungan bagi Buhari bukan kejutan. Buhari sudah menang di Yobe dan Adamawa.

Di Yobe, Jonathan meraih 446.265 suara, 94,2 persen dari suara yang sah. Di Adamawa sebanyak 374.701 suara aatau 58,9 persen dari suara yang telah dihitung.

Buhari juga menguasai Bauchi dan Gombe, yang terus diserang oleh para militan, termasuk dalam pemungutan suara akhir pekan lalu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement