Kamis 02 Apr 2015 10:42 WIB

Kekeringan, Rakyat Amerika Diminta Batasi Penggunaan Air

Rep: c23/ Red: Karta Raharja Ucu
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA –- Gubernur California menerapkan wajib pembatasan air. Hal itu menjadi yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat.

Perintah mengamanatkan pengurangan 25 persen penggunaan air untuk disubsidi ke kota-kota yang dilanda kekeringan di negara tersebut. Tahun lalu, Gubernur Jerry Brown menyatakan keadaan darurat setelah bertahun-tahun dilanda kekeringan.

Berdasarkan catatan, salju di pegunungan berada pada tingkat paling rendah. Sehingga, pasokan air dari salju yang mencair menjadi lebih rendah dan jauh dari normal dalam beberapa bulan mendatang.

“Kami berdiri di atas rumput kering, dan kita harus berdiri di lima meter dari salju,” kata Brown, dari pegunungan Sierra Nevada, Seperti dikutip BBC, Kamis (2/4).

Dia menambahkan, "Orang harus menyadari kita berada dalam era baru, ketika ide anda untuk sedikit menghujaukan rumput untuk mendapat pasokan air untuk sehari-hari, akan menjadi bagian dari masa lalu."

Wilayah dengan hamparan rumput yang luas milik pemerintah akan digantikan dengan pemandangan kekeringan. Kota-kota juga akan dilarang menyiram rumput hias.

Pada masa kekeringan, pemotongan air besar-besaran akan diaplikasikan pada universitas, taman pemakaman, lapangan golf, dan pemilik lahan yang besar. Petani di Amerika sendiri telah terpukul akibat kekeringan selama beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, kekeringan California juga menjadi sumber kebakaran pada 2003 dan 2007.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement