Jumat 03 Apr 2015 16:46 WIB

Australia Sambut Hangat Kesepakatan Iran

Rep: melisa riska putri/ Red: Ani Nursalikah
Julie Bishop
Foto: abc news
Julie Bishop

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Pemerintah Australia menyambut langkah baru menuju kesepakatan bersejarah nuklir Iran. Iran dan enam (P5+1) kekuatan dunia telah menyepakati kerangka kerja nuklir.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan kesepakatan kerangka merupakan langkah penting mencapai kesepakatan akhir. Menurutnya, kesepakatan itu akan mengatasi masalah internasional akan program nuklir Iran.

"Masih banyak detail yang perlu ditangani selama beberapa bulan mendatang, dan saya mendorong semua pihak terus terlibat secara konstruktif dalam negosiasi ini," ujar dia dikutip dari news.com.au, Jumat (3/4).

Kerangka perjanjian menandai terobosan besar dalam kebuntuan selama 12 tahun sejak pembicaraan maraton di Swiss. Bahkan, adanya kerangka perjanjian ini diharapkan dapat membantu stabilitas di Timur Tengah.

Bishop dikabarkan akan bertemu dengan Menlu Iran Zarif dan pemimpin lainnya pada 18 April mendatang untuk membahas masalah nuklir dan isu-isu bilateral dan regional penting lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement