Jumat 03 Apr 2015 21:50 WIB

Korea Utara Luncurkan Situs Belanja Online

Rep: C09/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bendera Korut/ilustrasi
Foto: mega-flags.com
Bendera Korut/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG – Pemerintah Korea Utara menyatakan telah meluncurkan situs belanja online. Situs milik pemerintah yang disebut Okryu itu menawarkan berbagai jenis produk termasuk makanan dan obat-obatan.

Seperti dilansir BBC, pemerintah Korea Utara mengatakan situs tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat. Namun belum jelas berapa banyak masyarakat yang bisa menggunakannya, mengingat akses internet di Korea Utara sangat terbatas.

Beberapa orang dapat menggunakan jaringan yang dikuasai negara, yaitu jaringan intranet yang disebut Kwangmyong. Akses biasa dilakukan melalui smartphone karena menggunakan komputer terlalu mahal untuk para pekerja biasa, terlebih kepemilikannya perlu persetujuan dari pemerintah.

“Masih menjadi pertanyaan bagaimana situs tersebut dapat diakses oleh orang-orang biasa,” ujar pakar ekonomi Korea Utara, Hong Soon-jik.

Menurutnya, dengan diluncurkannya Okryu, berarti  Korea Utara telah meningkatkan sistem Informasi dan teknologinya. Kim Heung-kwang, mantan profesor di Universitas Teknologi Komputer Pyongyang, mengatakan Korea Utara tidak bisa lagi menghalangi ekonomi pasar sepenuhnya dengan caranya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement