Sabtu 04 Apr 2015 09:14 WIB

Hujan Lebat Runtuhkan Rumah di Kashmir

Hujan lebat
Foto: Antara
Hujan lebat

REPUBLIKA.CO.ID, SRINAGAR -- Rumah satu keluarga tertimbun tanah akibat hujan di Kashmir, India, Jumat (3/4). Rumah tersebut tertimbun lumpur yang mengubur rumah penampungan di Desa Dawalkund di Doda, 255 kilometer di sebelah selatan Srinagar.

"Pagi ini, tanah longsor menimbun satu desa di Kabupaten Doda, dan menimpa rumah penampungan, sehingga membuat rumah itu ambruk," kata seorang polisi di ruang pemantau kepolisian di Jammu kepada Xinhua.

Polisi menerima laporan tujuh anggota satu keluarga di dalam rumah tersebut juga tertimbun dan dikhawatirkan tewas. Pemerintah telah mengerahkan personel polisi dan pejabat pemerintah sipil ke desa itu untuk melakukan operasi pertolongan. Beberapa pejabat mengatakan daerah itu diguyur hujan lebat pada malam hari.

Pada Senin (30/3), 16 orang tewas dalam peristiwa serupa di Desa Laden di Kabupaten Budgam di wilayah tersebut. Petugas pertolongan mengeluarkan 15 mayat dari bawah reruntuhan. Namun, pencarian seorang anggota keluarga yang hilang masih berlangsung. Ratusan orang meninggalkan rumah mereka awal pekan ini setelah hujan turun tanpa henti sehingga permukiman direndam air, sementara permukaan air sungai dan tempat penampungan air naik.

Pemerintah mengeluarkan peringatan banjir untuk meminta warga pindah ke tempat yang lebih aman. Tahun lalu, banjir yang memporak-porandakan menerjang wilayah itu sehingga menewaskan 300 orang dan membuat ribuan orang lagi kehilangan tempat tinggal. Kerugian harta dan prasarana akibat banjir diperkirakan mencapai 16 miliar dolar AS di wilayah tersebut selain menewaskan 300 orang.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement