Ahad 05 Apr 2015 15:09 WIB

Bus Terjun ke Sungai Tewaskan 21 Penumpang‎

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Kecelakaan Bus
Foto: Antara
Kecelakaan Bus

REPUBLIKA.CO.ID, CINA -- Sebuah bus terjun bebas 100 meter ke dalam sungai di barat daya Cina. Kecelakaan ini sedikitnya memakan 21 korban tewas.

Dilansir dari Khaleej Times, Ahad (5/4) selain 21 korban tewas, tiga orang lainnya dilaporkan mengalamj luka-luka. Bus pengangkut 24 penumpang ini berjalan dari bukit di sekitar lokasi menuju sungai. Belum diketahui penyebab kecelakaan tersebut.‎

Kecelakaan adalah masalah serius di Cina. Jalur jalan dan jumlah sopir baru yang berkembang dengan cepat. Sementara undang-undang lalu lintas dan keselamatan luas masih diabaikan.

Para peneliti percaya banyak bus yang secara ilegal menggunakan jalan yang ditujukan untuk kendaraan kecil di kota Bijie, Provinsi Guizhou. Daya kecelakaan sudah menewaskan lebih dari 87.200 orang dari sekitar 426 ribu kali kecelakaan di 10 bulan pertama tahun 2014 lalu. Menurut angka-angka dari Kementerian Keamanan Umum sebesar 1,9 persen mengalami peningkatan dari periode yang sama tahun 2013.

Sebuah studi peneliti Cina dan Amerika menyebutkan dalam 2011 jumlah kecelakaan mematikan adalah dua kali lebih tinggi. Pada bulan Juli tahun lalu, 43 orang tewas ketika sebuah van yang membawa terbakar cairan kimia bus di tol pusat Cina. Pada Agustus bus wisata jatuh ke lembah di Tibet setelah menabrak dua kendaraan. Akibatnya 44 orang mati dan 11 terluka.

Kecelakaan adalah penyebab kematian terbesar di Cina. Membunuh lebih banyak orang dari kanker. Hal ini diungkapkan menurut sebuah studi dalam jurnal medis Inggris, The Lancet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement