Ahad 05 Apr 2015 19:14 WIB

Jumlah Muslim di Dunia akan Samai Pemeluk Kristen pada 2050

Rep: c05/ Red: Bilal Ramadhan
Beberapa Muslim menunaikan ibadah shalat di Duke University.
Foto: Breitbart
Beberapa Muslim menunaikan ibadah shalat di Duke University.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON—Sebuah riset terbaru menunjukkan Islam akan menjadi agama tercepat perkembangannya  di dunia untuk empat dekade ke depan. Hal ini artinya pemeluk Islam akan menyamai jumlah pemeluk kristen pada tahun 2050.

Sebuah laporan terbaru dari Pew Research Center memperkirakan pada tahun 2050, dunia akan menyaksikan jarak dekat antara Muslim, yang diproyeksikan naik 73 persen mencapai 2,8 miliar pengikut, atau 30 persen.

Sedangkan pemeluk Kristen jumlahnya juga akan meningkat untuk sekitar  31 persen atau 2,9 miliar penganut. Di Eropa pemeluk Islam akan mencapai 10 persen dari keseluruhan populasi benua pada tahun 2050. Adapun saat ini pemeluk Islam di sana terdiri dari 6 persen dari populasi Eropa (43 juta orang) pada 2010.

Sementara itu Indonesia tidak akan lagi menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar. Karena akan digantikan India, kata laporan itu. Di Amerika Utara, sementara hanya mewakili sebagian kecil dari populasi Amerika, Islam akan berkembang pesat menjadi agama terbesar kedua di Amerika Serikat. Yakni angkanya sebesar  2,1 persen dari populasi pada tahun 2050, melebihi pemeluk Yahudi.

Selain itu jumlah umat Kristen di Amerika Serikat akan menurun dari lebih dari tiga perempat (77 persen) penduduk pada tahun 2010 lalu menjadi dua pertiga (66 persen) pada tahun 2050. Penurunan jumlah umat Kristen di Amerika Utara akan berkorelasi dengan peningkatan jumlah ateis, agnostik dan umat agama-terafiliasi lainnya di Amerika Serikat dan Prancis.

Lalu di Afrika diperkirakan akan mengalami pertumbuhan tercepat secara keseluruhan karena kesuburan tinggi. Pemeluk Islam akan naik dari 12 persen dari populasi global pada tahun 2012 menjadi sekitar 20 persen pada tahun 2050.

Jumlah pemeluk  agama di dunia ini berubah dengan cepat terutama oleh perbedaan tingkat kesuburan dan ukuran populasi pemuda di antara agama-agama besar di dunia. Juga oleh banyaknya orang-orang yang berpindah agama.

Saat ini Kristen adalah  agama terbesar di dunia dengan perkiraan 2,2 miliar pengikut. Yaitu hampir 31 persen dari 6,9 miliar orang bumi berdasarkan data tahun  2010. Pemeluk Islam di peringkat kedua yaitu dengan 1,6 miliar pemeluk atau sekitar 23 persen dari populasi global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement