Ahad 05 Apr 2015 20:50 WIB

Hasil Evakuasi: 110 WNI Mulai Tinggalkan Yaman

Rep: c15/ Red: Maman Sudiaman
Konflik bersenjata di Yaman.
Foto: AP/Wael Qubady
Konflik bersenjata di Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAZAN -- Sebanyak 110 Warga Negara Indonesia (WNI) di Yaman berhasil dievakuasi tim gabungan TNI dan Polri. WNI tersebut sudah bertolak ke Indonesia dari Bandara Abdullah bin Abdulaziz, Jazan, Yaman.

Seperti dilansir dari Al-Riyadh Newspaper, 110 WNI tersebut akhirnya bisa diselamatkan dari peperangan antara ISIS dan Yaman. Mereka merupakan kloter pertama dari 263 WNI yang terdeteksi bergabung dalam peperangan di Yaman.

Meski begitu, pihak pemerintah masih belum memberikan keterangan apakah 263 WNI yang dievakuasi merupakan anggota ISIS atau sekadar WNI yang bekerja di Yaman. Sebelum dievakuasi pulang, para WNI ini dibawah perlindungan masjid suci, diperbatasan Jazan.

Para WNI pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak di Jazan karena perlindungan dan perawatannya selama ini sejak dari kedatangan hingga keberangkatan mereka. Sebelumnya, banyak pihak mengira para WNI ini merupakan komplotan yang masuk dalam komplotan ISIS.

Namun, angka ini ditampik oleh pihak pemerintah sebab tidak semua orang yang berada di Yaman tergabung dalam ISIS. Mayoritas WNI di sana merupakan buruh migran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement