Senin 06 Apr 2015 11:29 WIB

Taliban Afghanistan Rilis Biografi Pemimpin Tertinggi Mereka

Rep: Gita Amanda/ Red: Julkifli Marbun
Mullah Mohammed Omar
Foto: cleveland
Mullah Mohammed Omar

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Taliban Afghanistan telah menerbitkan biografi pemimpin tertinggi mereka, Mullah Mohammed Omar. Biografi tersebut dikeluarkan menandai ulang tahun 19 kepemimpinannya.

BBC News melaporkan pada Ahad (5/4), biografi 5000 kata tersebut diterbitkan di situs utama Taliban. Biografi menjelaskan fakta termasuk sengketa mengenai kelahirannya dan bagaimana Mullah Omar diasuh.

Daftar senjata-senjata favoritnya pun ditampilkan, termasuk RPG 7. Ia juga disebut menjalani kehidupan yang sederhana dan memiliki rasa humor yang spesial.

Hingga saat ini Mullah Omar tak pernah diketahui keberadaannya. Namun ia dikatakan masih tetap berhubungan dengan berbagai peristiwa dan kehidupan sehari-hari Afghanistan.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat bahkan menawarkan hadiah 10 juta dolar, bagi siapa saja yang menemukan Mullah Omar. Ia belum pernah terlihat lagi sejak invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada 2001 silam. Mullah Omar dikenal sangat mendukug pemimpin Alqaidah Usamah bin Laden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement