Senin 06 Apr 2015 17:05 WIB

Angka Perceraian di Singapura Semakin Meningkat

Rep: C07/ Red: Winda Destiana Putri
Perceraian tingkatkan risiko kesehatan
Foto: Huffingtonpost
Perceraian tingkatkan risiko kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Angka perceraian di Singapura mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut diungkapkan Kementerian Sosial dan Pembangunan Keluarga (MSF) pada Senin (6/4).

Dari data yang dimiliki pada tahun 2003 sebanyak 16,1 persen memilih mengakhiri hubungan pernikahan saat menginjak pada tahun ke-10. Di mana pada tahun 1987 baru sekitar 8,7 persen yang memilih untuk bercerai.

Angka perceraian pun terus meningkat pada tahun 1998, menjadi 20,3 persen, di mana pasangan suami istri memilih mengakhiri jalinan pernikahan mereka pada usia pernikahan 15 tahun. Di mana pada tahun 1987 hanya sekitar 12,3 persen yang memilih jalan tersebut.

MSF menyebutkan, angka perceraian akan dua kali lebiuh tinggi untuk calon pengantin pria muda yang berusia antara 20 tahun sampai 24 tahun.

Tingkat perceraian untuk calon pengantin pria muda dalam pernikahan sipil dua kali lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang berusia 25 dan di atas.

"33 persen dari pernikahan yang melibatkan calon pengantin pria muda yang menikah pada tahun 1998 berakhir dengan perceraian sebelum ulang tahun ke-15 mereka, kata kementerian tersebut seperti dikutip dari CNA, Senin (6/4).

Namun, tingkat perceraian baru-baru ini kelompok Muslim sebelum 5 tahun pernikahan telah melawan tren. Angka perceraian menurun dari 14 persen untuk pada tahun 2003 menjadi 11,4 persen pada tahun 2008.

"Peningkatan tersebut mungkin karena inisiatif masyarakat dalam pernikahan persiapan, pengayaan dan konseling bagi pasangan Muslim. Karena Konseling Program Pernikahan untuk pernikahan Muslim dimulai pada tahun 2004, lebih dari 27.000 arahan dibuat. Empat puluh empat persen dari pasangan dalam program memutuskan tidak melanjutkan perceraian," kata kementerian itu.

MSF menambahkan, kenaikan angka perceraian di Singapura sejalan dengan tren yang sama di negara-negara maju lainnya, dan umumnya tetap lebih rendah dibandingkan di negara-negara seperti Inggris dan Selandia Baru.

Dalam siaran pers yang sama, MSF mengatakan akan meluncurkan sebuah program persiapan pernikahan baru yang disebut dengan nama program Pencegahan Hubungan Program Peningkatan (PREP) yang akan dimulai pada Mei tahun ini.

Program ini akan diselenggarakan selama dua hari, yang mencakup topik-topik seperti komunikasi, manajemen konflik dan komitmen. Program tersebut gratis untuk 200 pasangan yang mendaftar.

"Terlalu sering, pasangan kewalahan oleh jadwal kerja pribadi dan persiapan pernikahan, dan dengan demikian, merasa bahwa mereka tidak punya waktu untuk mengikuti program tersebut. Program gratis seperti di ROM dan touchpoints masyarakat nyaman cenderung meningkatkan minat dan partisipasi di antara pasangan," kata Ketua Dewan FFL Ching Wei Hong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement