Senin 06 Apr 2015 20:58 WIB

Italia Selamatkan Ribuan Imigran

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi imigran
Foto: www.france24.com
Ilustrasi imigran

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Italia menyelamatkan 1.500 imigran dari lima perahu dalam waktu 24 jam, Ahad (5/4). Dikutip BBC, penjaga pantai dan angkatan laut Italia mengirimkan kapal laut untuk menyelamatkan mereka.

Satelit penjaga pantai menerima sinyal bahaya dari ponsel di tiga perahu. Penjaga pantai dan angkatan laut kemudian mengirim empat kapal laut ke lokasi sinyal. Dua perahu lain ditemukan bermasalah ketika tim tiba.

Para imigran kemudian dipindahkan ke pulau Lampedusa, pelabuhan Augusta dan Porto Empedocle di Sicily.

Badan PBB untuk pengungsi, UNHCR mengatakan hampir 3.500 orang tewas dan 200 ribu berhasil diselamatkan dari perahu-perahu yang mencoba melintasi laut mediterania pada tahun 2014. Mereka umumnya berusaha mencari suaka di Eropa.

Di tahun tersebut, Italia harus berurusan dengan 170 ribu imigran yang memasuki wilayah Eropa melalui lautan. Memburuknya situasi di Libya meningkatkan jumlah pencari suaka yang melarikan diri dari krisis.

Pihak berwenang mengatakan jumlah imigran pada dua bulan pertama tahun 2015 meningkat 43 persen daripada jumlah pada Januari dan Februari pada 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement