Selasa 07 Apr 2015 10:43 WIB

Siprus Tangkap Tersangka Pengirim Kendaraan ke ISIS

Lokasi Republik Siprus dalam peta.
Foto: warofweekly.blogspot.com
Lokasi Republik Siprus dalam peta.

REPUBLIKA.CO.ID, NIKOSIA -- Dinas keamanan Siprus pada Senin (6/4) menangkap satu orang asing yang dicurigai bertindak atas nama kelompok fanatik ISIS di Suriah.

Seorang juru bicara polisi mengatakan lelaki tersebut ditanyai sehubungan dengan pengiriman dua mobil bak terbuka untuk digunakan oleh pasukan ISIS.

Nama dan kewarganegaraan pria yang berusia 37 tahun tersebut tidak diungkapkan.

Juru bicara itu mengatakan pria tersebut diduga mengendarai kedua mobil bak terbuka itu ke Siprus Utara. Dari sana ia mengirim kendaraan tersebut ke Turki untuk dibawa ke wilayah yang dikuasai ISIS di Suriah.

Beberapa mobil bak terbuka dengan nomor polisi Siprus itu berisi senapan mesin terlihat di rekaman video YouTube yang digunakan ISIS. Wilayah Siprus Utara diduduki oleh pasukan Turki pada 1974.

Beberapa diplomat asing yang tak ingin disebutkan jati diri mereka telah mengatakan wilayah Siprus Utara kini digunakan sebagai batu loncatan bagi orang dari dari Barat untuk bergabung dengan ISIS.

Mereka menyeberang ke wilayah Siprus Utara lalu terbang ke Turki. Dari sana mereka menyeberang baik ke Suriah maupun ke Irak.

Satu sumber keamanan Siprus mengatakan pemerintah khawatir dengan seringnya peristiwa pengiriman mobil dengan nomor Siprus. Itu bisa berarti jaringan teror mungkin aktif di pulau tersebut.

Namun juru bicara polisi mengatakan penyelidikan masih berada pada tahap awal dan belum ada bukti yang ditemukan mengenai hubungan tersangka itu dengan organisasi teror.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement