Rabu 08 Apr 2015 06:38 WIB

Diperbaiki, Kapal Selam Nuklir Rusia Ini Malah Terbakar

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kapal selam (ilustrasi)
Foto: blogspot.com
Kapal selam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW--Pemadam kebakaran berjuang memadamkan api di sebuah kapal selam nuklir milik Rusia. Kapal tersebut tengah diperbaiki di galangan kapal Zvyozdochka, Arkhangelsk, Selasa (7/4) waktu setempat.

"Ada api di kapal selam. Kami berjuang memadamkan api sekarang," kata saksi mata kepada kantor berita Interfax.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. badan terkait juga mengaku tidak menemukan senjata di kapal tersebut. Seperti diberitakan RIA, reaktor nuklir kapal telah ditutup sebelum adanya kobaran api.

"Zona aktif reaktor diturunkan pada awal perbaikan beberapa tahun lalu," kata sumber itu.

Dilaporkan, kebakaran mulai muncul di buritan saat para pekerja bertugas. Hal itu siduga kerena terbakarnya bahan isolasi karena pengelasan.

Rupanya ini bukan kali pertama yang dialami Rusia. Kebakaran serupa sempat terjadi pada 2011 silam yang bahkan hampir menyebabkan bencana nuklir. Sebabnya, kapal selam bertenaga nuklir itu membawa senjata atom.

Rusia memiliki catatan keselamatan transportasi yang buruk. Sebuah pukat juga pernah tenggelam di laut es di timur Kamchatka, pekan lalu. Kejadian tersebut setidaknya menewaskan 56 dari 132 awak yang ada.

Bahkan, pada Agustus 2000, selama masa jabatan pertamanaya sebagai presiden, Vladimir Putin menerima kritikan lantaran lambat dalam menyikapi tenggelamanya kapal selam bertenaga nuklir yang menewaskan 118 orang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement