Rabu 08 Apr 2015 18:58 WIB

Militan Afghanistan Bersumpah Kirim Ribuan Pejuangnya ke Yaman

Rep: Gita Amanda/ Red: Damanhuri Zuhri
Konflik di Yaman
Foto: VOA
Konflik di Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Kelompok militan Afghanistan, Rabu (8/4), menyatakan dukungannya pada serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi. Kelompok Hezb-e-Islami Gulbuddin bersumpah akan mengirim ribuan pejuangnya ke Yaman.

Dilansir Yahoo News, Pemimpin Gulbuddin Hekmatyar mengatakan, jika memungkinkan ribuan anggotanya akan bersiap untuk berjuang ke Afghanistan. Mereka akan membantu melawan apa yang mereka sebut sebagai gangguan Iran, dan membela saudara-saudara Muslim mereka.

Gulbuddin merupakan kelompok pemberontak Suni yang sempat berperang melawan pasukan Soviet. Mereka kembali hadir saat melakukan perlawanan terhadap pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat, 2001 silam.

"Setelah Afghanistan, Irak, Suriah dan Lebanon, kini Teheran mulai campur tangan di Yaman, mendukung anti-Muslim, tentara yang murtad," kata Hekmatyar.

Sementara itu, Saudi telah meminta Pakistan untuk berkontribusi dalam serangan ke Yaman. Namun sejauh ini Pakistan menolak dan menyerukan solusi diplomatik untuk menyelesaikan konflik di Yaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement