Rabu 08 Apr 2015 20:19 WIB

Iran Kirim Dua Kapal Perang ke Teluk Aden

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Sejumlah Kapal Perang Iran
Sejumlah Kapal Perang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, ADEN -- Iran dilaporkan mengirim dua kapal perangnya ke Teluk Aden, pada Rabu (8/4). Namun, Iran berkilah kapal tersebut dikirim untuk melindungi kapal pengiriman Iran dari pembajakan.

Seperti diberitakan kantor berita Reuters, Kapal perusak Alborz dan kapal pendukung Bushehr dilaporkan berlayar dari Bandar Abbas. Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan, kapal tersebut sengaja dikirim untuk melindungi kapal Iran dari pembajakan.

Kedua kapal, kata Sayyari, akan berpatroli di Teluk Aden, Yaman Selatan, dan Laut Merah. Daerah-daerah tersebut diketahui sebagai salah satu rute paling penting di dunia pengiriman dan gerbang antara Eropa dan Timur Tengah.

Pengiriman kapal perang Iran ke Aden dilakukan di tengah serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi ke Yaman. Iran selama ini dituduh mendukung kelompok Syiah Houthi yang tengah diperangi pasukan koalisi. 

Iran membantah tuduhan tersebut dan mengecam serangan udara. Negara tersebut menyerukan jalan dialog untuk menyelesaikan konflik di Yaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement