Ahad 12 Apr 2015 09:24 WIB

ISIS: Selagi Bisa Hancurkan Berhala, Kami akan Lakukan!

Kota Nimrud, Irak
Foto: NatGeo
Kota Nimrud, Irak

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS) telah kembali merilis sebuah video pembombardiran artefak kota kuno Assyiria, Nimrud di Irak utara, Sabtu (11/4). Video itu menunjukkan bagaimana sebelum dan sesudah kota kuno 13 SM itu diledakkan.

Video bertanggal itu menunjukkan bahwa situs tersebut, benar-benar diratakan. Pada video sebelumnya, kota di sungai Tigris sekitar 18 mil (30km) selatan-timur Mosul itu belum diperlihatkan betul kerusakannya. ISIS sendiri membombardir Nimrud sekitar sebulan lalu.

"Setiap kali kita mampu menghapus tanda-tanda penyembahan berhala, kami akan melakukannya," kata seorang militan di akhir video, dirilis pada Sabtu.

Nimrud dibangun pada abad ke-13 SM adalah salah satu situs arkeologi paling terkenal di Irak. Nimrud kerap disebut sebagai tempat berawalnya peradaban dunia. Nimrud juga merupakan ibu kota kekaisaran Assyiria baru.

Nimrud masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO, merupakan nama Arab untuk kota tersebut sebelum daerah ini bernama Kalhu. Keberadaan kota kuno Nimrud diketahui pada 1820.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement