Ahad 12 Apr 2015 10:38 WIB

Anaknya Gabung ISIS, Ibu: Dia Sakit Mental

Joshua Van Haften, pria AS yang berusaha gabung ISIS.
Foto: washingtontimes
Joshua Van Haften, pria AS yang berusaha gabung ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ibu dari seorang pria Wisconsin, Amerika Serikat yang dituduh mencoba bergabung ISIS, mengatakan bahwa anaknya merupakan penyendiri yang menderita sakit mental. Biasanya, kata sang ibu, anaknya kerap berkomentar sombong dan mencari perhatian.

Jaksa federal menahan Joshua Van Haften (34 tahun), dengan bukti menawarkan bantuan ke kelompok teroris ISIS. Dia ditangkap di Bandara Internasional O'Hare di Chicago pada Rabu. Dia dituduh terbang kembali ke Turki setelah usaha pertama gagal untuk bergabung ISIS di Suriah.

"Kenapa? Karena dia memiliki cacat mental," kata sang ibu, Janice Van Haften, dari Beloit, Wisconsin dilansir Eagle Current, Ahad (12/4).

"Aku tidak tahu apa jenis penyakit mental dia, tapi jelas ia membutuhkan bantuan," tambahnya.

Dia juga mengatakan anaknya menderita penyakit seksual ketertarikan dengan anak di bawah umur. Pada kasus tersebut, sang anak juga sempat ditahan tujuh tahun penjara dalam kasus phedophilia.

Sang ayah, Howard Whitledge, 60 tahun, yang telah mengakui Van Haften dengan segala penyakitnya, mengaku larinya sang anak ke Suriah bukan tanpa alasan. "Karena ia tidak memiliki sahabat satu pun di sini," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement