Selasa 14 Apr 2015 07:32 WIB

Abu Maria, Gubernur ISIS Ini Tewas dalam Pertempuran

Pasukan keamanan Irak mencoba merebut kendali Kota Tikrit dari tangan ISIS.
Foto: News.nationalpost.com
Pasukan keamanan Irak mencoba merebut kendali Kota Tikrit dari tangan ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Seorang pemimpin senior kelompok Negara Islam Irk Suriah (ISIS) dilaporkan tewas selama operasi militer oleh pasukan Irak di kota Tikrit. Media lokal melaporkan Senin (13/4), Abu Maria, seorang yang menyatakan diri sebagai gubernur ISIS untuk al-Hajjaj dan Albu-Tema dibunuh oleh pasukan Irak pada Ahad (12/4).

Abu Maria tewas di dekat ladang minyak Ajeel dekat Tikrit, yang terletak sekitar 87 km sebelah barat laut dari Baghdad.

"Hari ini, kekuatan dari Omaya al-Jbara Batalyon telah berhasil membunuh gubernur ISIS dari al-Hajjaj dan Albu-Tema, yang dikenal sebagai Abu Maria, bersama dengan asisten kuncinya dekat daerah Ajil, ladang minyak di timur laut kota Tikrit," berita dari Irak mengutip sumber anonim, dilansir ibTImes, Senin (13/4).

"Para teroris kini menuju distrik al-Hawija," lanjutnya.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa operasi itu didasarkan pada intelijen yang diterima dari warga daerah setempat dekat ladang minyak Ajeel. Tikrit telah berada di bawah kendali ISIS sejak Juni 2014. Pada 31 Maret, Perdana Menteri Irak Haidar al-Abadi menyatakan bahwa pasukan Irak dibantu oleh paramiliter Syiah telah menyingkirkan militan ISIS ke luar kota.

Sementara itu, pemerintah AS mengumumkan pekan lalu bahwa pasukan militer AS dan koalisi terus menyerang posisi ISIS di Suriah dan Irak. Menurut para pejabat, delapan serangan udara dilakukan di Suriah pada Ahad, sementara sembilan serangan udara dilakukan terhadap kelompok ekstrimis di Irak pada hari yang sama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement