Kamis 16 Apr 2015 00:59 WIB

Bukan Epilepsi, Julius Caesar Meninggal karena Struk

Rep: C09/ Red: Winda Destiana Putri
Patung Julius Caesar
Foto: wikipedia.org
Patung Julius Caesar

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Penelitian terbaru menunjukkan Jenderal Romawi terkemuka, Julius Caesar, memiliki gangguan mental dan fisik akibat menderita serangan struk ringan.

Struk ini diduga menjadi penyebab jatuhnya Caesar dalam pertempuran Thapsus pada 46 SM. Dilansir dari Daily Mail, Kamis (16/4), sebelumnya dipercaya Caesar jatuh akibat penyakit epilepsi yang dideritanya. Namun, Francesco Galassi, dokter peneliti dari Imperial College London menyimpulkan, Caesar sebelum jatuh lebih cenderung menunjukkan gejala struk daripada epilepsi.

Ia menjelaskan, Caesar diketahui menderita epilepsi menjelang akhir hidupnya yang mungkin merupakan hasil dari kerusakan otak akibat struk. Buku biografi Caesar yang ditulis sejarawan Yunani, Plutarch, menggambarkan Caesar terkadang jatuh dan merasa gamang di depan banyak orang.

Caesar sendiri mengakui hal itu diakibatkan oleh epilepsi. Pada jaman dahulu, epilepsi dianggap penyakit suci yang umumnya dirasakan oleh orang-orang yang berpendidikan tinggi.

“Ketika kembali mengevaluasi gejala-gejalanya, tercatat bahwa Caesar pengalami penurunan kesehatan selama kampanye di Spanyol dan Afrika,” ujar Galassi.

Caesar saat itu, kata dia, merasakan sakit kepala, vertigo, kemudian pusing hingga pingsan. Gejala tersebut lebih mirip struk dan mungkin didapatkan Caesar karena disposisi genetik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement