Kamis 16 Apr 2015 14:06 WIB

PM Irak: Kekuatan ISIS Sudah Mulai Melemah

Rep: c07/ Red: Bilal Ramadhan
Personel Densus 88 Mabes Polri melakukan penggrebekan di rumah terduga teroris jaringan ISIS.
Foto: Antara
Personel Densus 88 Mabes Polri melakukan penggrebekan di rumah terduga teroris jaringan ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Perdana Menteri Irak, Haidar al-Abadi mengatakan kelompok militan ISIS merupakan musuh dari negaranya. Kelompok tersebut akan terus diperangi, prioritas saat ini adalah menghadapi pertempuran di kota Banji dan provinsi Anbar, di mana banyak militan yang melakukan serangan balik.

Menurut Abadi delapan bulan terakhir ini, ISIS sudah mulai melemah. Setelah serangan udara dari AS terhadap kelompok militan itu di Irak. AS sendiri memperkirakan ISIS telah kehilangan sekitar seperempat dari daerah yang ia kuasai di Irak. Abadi pun baru saja mengumumkan kemenangan besar dengan mengambil kembali kota Tirkit.

Pasukan ISIS berhasil menguasai beberapa desa di tepi Ramadi, Provinsi Anbar pada Rabu (15/4). Abadi pun bertekad akan terus mengibarkan bendera kemenangan seperti di Tirkit. "Priotitas selanjutnya Baiji dan al Anbar, akan kita kibarkan kemenangan," katanya.

Kelompok Islam garis keras telah memukul kembali Anbar  serta Baiji, di mana mereka mengecam melalui perimeter keamanan di sekitar kilang terbesar Irak beberapa hari yang lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement