Jumat 17 Apr 2015 14:18 WIB

60 Ribu Mahasiswa Chile Protes Tuntut Reformasi Pendidikan

Mahasiswa Chile tuntut reformasi pendidikan
Foto: rt.com
Mahasiswa Chile tuntut reformasi pendidikan

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Sebanyak 60 ribu mahasiswa dan pendukung yang menuntut pembaruan pendidikan berpawai di pusat Kota Santiago pada Kamis (16/4).

Protes tersebut, bagian dari gerakan mahasiswa yang dilancarkan pada 2011 untuk menuntut sistem pendidikan umum yang lebih baik dan terjangkau. Mahasiswa bertujuan menekan Presiden Chile Michelle Bachelet untuk mengkonsolidasikan pembaruan yang telah ia janjikan selama kampanye pemilihan umumnya.

Bachelet, yang memerlukan dukungan Kongres untuk mengkaji ulang sistem pendidikan secara menyeluruh, telah menghadapi pukulan keras oleh skandal yang melibatkan keluarganya.

"Kami yakin tak ada alasan mengapa politik Chile mesti dikorup, seperti kondisinya sekarang. Kita harus mempertahankan demokrasi, sebab itulah satu-satunya yang dapat membawa kembali kepercayaan rakyat," kata Valentina Vargas, Ketua Federasi Mahasiswa di Universitas Chile.

"Hari ini, kami pelajar sekolah menengah sekali lagi mengusulkan pendidikan yang melayani semua pelajar dan rakyat Chile," kata Ricardo Paredes, seorang juru bicara pelajar yang menggelar protes.

Kelompok oposisi politik konservatif di negeri tersebut juga dinodai oleh skandal korupsi, yang melibatkan satu bank dan satu kasus lagi yang melibatkan perusahaan tambang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement