Ahad 19 Apr 2015 20:36 WIB

Italia Cari 500 Jenazah Imigran di Laut Mediterania

Rep: C23/ Red: Ilham
Sebuah kapal tenggelam (ilustrasi).
Foto: Antara
Sebuah kapal tenggelam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Juru bicara penjaga pantai Italia mengatakan, pihaknya masih melakukan operasi yang berfokus pada penyelamatan dan pencarian imigran Libya yang tenggelam di Laut Mediterania. Sebuah operasi penyelamatan besar, lanjutnya, sedang berlangsung setelah kapal yang membawa sekitar 500 hingga 700 Libya terbalik.

“Sekarang pencarian juga berfokus pada tubuh (jenazah) imigran. Sekitar dua puluh kapal dan tiga helikopter ikut terlibat dalam operasi penyelamatan tersebut,” kata jelas Juru bicara pantai Italia, seperti dilaporkan BBC, Ahad (19/4).

Kapal Italia, Angkatan Laut, dan kapal komersial Maltese juga terlibat dalam operasi penyelamatan imigran. Para imigran tenggelam di sekitar 130 mil lepas pantai Lampedusa dan 17 mil dari pantai Libya. Sejauh ini, penjaga pantai Italia telah mengevakuasi 24 jenazah akibat terbaliknya kapal imigran tersebut.

Dalam sepekan terakhir, penjaga pantai Italia telah menyelamatkan 10 ribu imigran yang kapalnya mengalami kesulitan atau bahkan tenggelam di Laut Mediternia. Imigran, yang mayoritas berasal dari Afrika dan Asia ini telah mencoba melakukan migrasi sejak awal Januari hingga petengahan April 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement