Selasa 21 Apr 2015 11:03 WIB

PM Rami: Jokowi Sahabat Bangsa Palestina

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah (kiri), menerima surat penugasan dari Presiden Mahmoud Abbas di Tepi Barat, Ramallah, Kamis (29/5).
Foto: Reuters/Thaer Ghanaim/PPO
Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah (kiri), menerima surat penugasan dari Presiden Mahmoud Abbas di Tepi Barat, Ramallah, Kamis (29/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah untuk membahas dukungan Indonesia bagi kemerdekaan Palestina. Usai pertemuan, PM Rami menyampaikan ucapan terimakasihnya atas dukungan yang diberikan Indonesia.

"Presiden Jokowi adalah sahabat bangsa Palestina. Kami sangat tersanjung dengan dukungan Presiden Jokowi, yang sejak kampanye Presiden telah menyatakan komitmennya untuk kemerdekaan Palestina," kata PM Rami di Jakarta Convention Center, Selasa (21/4).

Palestina adalah satu-satunya bangsa di dunia yang belum merdeka. Sebelumnya, Dubes Palestina untuk Indonesia Fariz M Nehdawi mengatakan, negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika memiliki kesadaran yang sama bahwa Palestina berhak meraih kemerdekaan.

"Kami dapat menjamin bahwa Asia Afrika berbicara dalam satu suara, mengirim pesan pada Israel untuk mengakhiri penjajahan," kata dia, Ahad (19/4).

Seperti diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah peringatan ke-60 KTT Asia Afrika. Forum berskala internasional tersebut akan melahirkan tiga deklarasi, salah satunya adalah deklarasi dukungan untuk Palestina.

Mendukung kemerdekaan Palestina juga merupakan salah satu janji kampanye pemerintahan Jokowi-JK. Lebih dari itu, Indonesia akan mendorong agar Palestina menjadi anggota tetap PBB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement