Ahad 26 Apr 2015 14:54 WIB

Universitas Monash di Australia Luncurkan Buku Kartini

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Salah satu perguruan tinggi terkemuka di Australia Monash University di Melbourne  pada Kamis (30/4) akan meluncurkan tiga penerbitan mengenai Indonesia. Salah satunya adalah kumpulan karangan tokoh wanita Indonesia Kartini, yang diterjemahkan dan diedit oleh Dr Joost Cote.

Dr Joost Cote adalah peneliti senior di Fakultas Filsafat, Sejarah, dan Studi Internasional di Monash University.

Buku Cote ini berjudul Kartini: The Collected Writings, 1898-1904.

Dalam pengantarnya disebutkan bahwa buku ini merupakan buku terlengkap dalam bahasa apapun yang pernah diterbitkan berisi artikel yang pernah diterbitkan mengenai Kartini, surat-surat maupun memo yang pernah ditulis tokoh wanita asal Jepara tersebut.

Buku ini diterbitkan setelah penelitian yang dilakukan selama puluhan tahun oleh Dr Joost Cote dan diharapkan buku ini nantinya akan menjadi sumber acuan penting bagi mereka yang ingin mengetahui Kartini dan kedudukannya dalam sejarah Indonesia.

Peluncuran buku Kartini ini akan dilakukan oleh Konsul Jenderal Indonesia untuk negara bagian Victoria, Dewi Savitri Wahab.

Selain buku mengenai Kartini, juga akan diluncurkan dua buku lain mengenai Indonesia.

Buku lainnya yang juga diterbitkan oleh Monash University Publishing adalah Javanese Grammar for Students: A Graded Introduction oleh Stuart Robson, buku mengenai tata bahasa Jawa.

Buku ketiga adalah Performing Contemporary Indonesia: Celebrating Identity, Constructing Community, yang diedit oleh Barbara Hatley dan diterbitkan oleh Brill Publishing.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement