Kamis 23 Apr 2015 07:12 WIB

Iran Dukung Suriah Perangi Terorisme

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham
Presiden Iran Hassan Rouhani.
Foto: Reuters
Presiden Iran Hassan Rouhani.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran bertekad mendukung rakyat Suriah dalam memerangi terorisme. Sekretaris Dewan Keamanan Tertinggi Iran, Ali Shamkhani dan Ketua Dewan Syura Iran, Ali Larijani telah bertemu dengan Deputi Menteri Luar Negeri Suriah, Fayssal Mikdad secara terpisah. Kedua negara itu bersepakat untuk meningkatkan hubungan strategis bilateral guna memerangi terorisme.

 

“Iran menawarkan apa yang dibutuhkan untuk mendukung perjuangan rakyat Suriah dalam menghadapi konspirasi para terorisme,” kata Shamkhani seperti dilansir Sanaa, Rabu (22/4).

 

Dia menyerukan pencabutan dukungan terhadap terorisme terkait dukungan keuangan dan logistik kepada organisasi teroris untuk menekan keberadaan terorisme.

 

Hal yang sama juga diungkapkan Larijani usai bertemu Mikdad. Ia menegaskan, Iran baik sebagai rakyat dan pemerintah menjadi paling depan mendukung Suriah. "Kami sangat menghargai pengorbanan rakyat Suriah melawan terorisme," kata Larijani.

 

Sementara, Mikdad mengatakan negaranya saat ini tengah konsen untuk memerangi terorisme, termasuk memurnikan semua wilayah dari pengaruh teroris. Hanya saja, kendala muncul karena ternyata masih ada dukungan keuangan yang masuk ke organisasi para teroris tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement