Kamis 23 Apr 2015 12:38 WIB

Pegawai Kereta Mogok, Jerman Macet 20 Kilometer

Penumpang kereta api di stasiun Jerman
Foto: dw.de
Penumpang kereta api di stasiun Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Jutaan penumpang di Jerman terkena dampak pemogokan pegawai perusahaan kereta Jerman pada Rabu (22/4). Pemogokan itu juga mengakibatkan kemacetan parah lalu lintas di jalan raya.

Ilrich Homburg yang bertanggungjawab atas lalu lintas kereta penumpang di perusahaan kereta milik negara Deutsche Bahn (DB) mengatakan hanya sepertiga kereta jarak jauh diperkirakan beroperasi pada Rabu dan Kamis. Separuh lalu lintas di kota tertahan, kata.

Serikat masinis Jerman GDL menyerukan pemogokan baru selama berhari-hari di seluruh negeri setelah gagal mencapai kesepakatan dengan DB mengenai sengketa gaji.

Pemogokan staf kereta barang dimulai pada pukul 15.00 waktu setempat (20.00 WIB) pada Selasa (21/4) dan direncanakan berlangsung sampai pukul 09.00 waktu setempat (14.00 WIB) pada Jumat. Sementara itu, masinis kereta penumpang melancarkan pemogokan mulai pukul 02.00 waktu setempat (07.00 WIB) Rabu sampai pukul 21.00 waktu setempat, Kamis (02.00 WIB, Jumat).

Di jalan raya Jerman, kemacetan lalu-lintas dilaporkan terjadi di banyak negara bagian, seperti Hessen, Rheinland-Pfals dan Baden-Wuerttemberg.

Penumpang yang sudah terbiasa bepergian naik kereta terpaksa naik mobil sehingga membuat jalan raya jadi lebih padat dan kemacetan lalu lintas sepanjang 20 kilometer saat jam sibuk.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement