Jumat 24 Apr 2015 11:40 WIB

NASA Sambut Ulang Tahun Teleskop Hubble

Rep: c09/ Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop Antariksa Hubble.
Foto: AP
Teleskop Antariksa Hubble.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyambut ulang tahun teleskop ruang angkasa Hubble ke-25, pada Jumat (24/4). NASA merilis gambar hamparan bintang di angkasa yang ditangkap oleh observatorium ruang angkasa yang sedang mengorbit. Gambar yang dikeluarkan NASA itu memperlihatkan sekitar 3.000 bintang yang disebut Wasterlund 2 yang berjarak 20 ribu tahun cahaya dari bumi.

Teleskop Hubble pertama kali diluncurkan pada 24 April 1990 di dalam kapal ulak-alik Discovery. Hubble telah banyak mengambil gambar fantastis dari alam semesta untuk diberikan kepada masyarakat di bumi. "Hubble telah mengubah pandangan kita tentang alam semesta," kata astronot NASA, John Grunsfeld, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (23/4).

Gambar hamparan bintang dan gas yang bersinar, kata dia, sangat pas untuk merayakan 25 tahun keberadaan Hubble. Hubble menangkap gambar menggunakan Kamera Wide Field 3, yang mampu menembus debu dan gas di sekitar bintang dengan menggunakan cahaya inframerah.

"Ini benar-benar minggu yang menarik bagi para astronom dan orang-orang yang mencintai astronomi di seluruh dunia," kata astronom Amerika Serikat, Hubble Jennifer Wiseman.

Ia mengatakan, upaya mempelajari siklus hidup bintang adalah salah satu alasan Hubble diciptakan. Namun, Hubble pernah mengalami masalah ketika ditemukan kecacatan manufaktur dalam cermin teleskopnya.

“Kami tidak nyangka Hubble akan mencapai usia sejauh ini,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement