Selasa 28 Apr 2015 05:32 WIB

Empat Warga AS Tewas Akibat Gempa Nepal

Rep: c94/ Red: Damanhuri Zuhri
Suasana mencekam pascagempa Nepal direkam dengan alat drone
Foto: The Mirror
Suasana mencekam pascagempa Nepal direkam dengan alat drone

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengungkapkan empat warga AS termasuk yang tewas akibat gempa di Nepal.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Jeff Rathke mengatakan, warga AS bernama Vinh B. Truong dan Thomas Ely Taplin menjadi korban gempa yang terjadi Sabtu lalu di sekitaran Gunung Everest.

Istri dari salah satu korban bernama Taplin (61 tahun) menuturkan suaminya adalah seorang pembuat film dari Colorado. Ia sedang membat sebuah film dokumenter tentang Gunung Everest base camp.

Rathke mengatakan tidak bisa mengonfirmasi dua nama lainnya. Namun, ia memastikan, keempatnya adalah orang Amerika yang meninggal sedang berada di wilayah base camp Gunung Everest saat gempa terjadi.

Marisa Eve Girawong, petugas medis yang bekerja untuk panduan layanan berbasis di Seattle Madison Mountaineering, Dan Fredinburg, serta seorang eksekutif Google Inc  naik puncak dengan tiga rekannya.

Mereka adalah warga negara AS lainnya yang meninggal. Saat ini, kata Rathke, masing-masing perusahaan akan dikonfirmasi akhir pekan ini.

Lebih dari 3.700 orang tewas dalam gempa bumi yang melanda Nepal, Sabtu (25/4). Gempa dengan kekuatan 7,9 sekalaliter itu menimbulkan ribuan korban terluka. Bencana tersebut adalah yang terburuk setelah peristiwa yang sama pada tahun 1934 yang menewaskan 8.500 orang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement