Rabu 29 Apr 2015 05:09 WIB

Stephen Hawking Sebut Ras Manusia akan Punah

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Dwi Murdaningsih
Stephen Hawking
Foto: AP
Stephen Hawking

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Fisikawan populer, Stephen Hawking memprediksi, kehidupan ras manusia di bumi akan punah dalam milenium sekarang. Peneliti bidang Fisika kuantum itu menyarankan agar para ilmuan dan astronomi terus mengembangkan invansi penelitiannya ke planet-planet lain.

Dikatakan dia, tujuan eksplorasi jagat raya dimaksudkan untuk menyelamatkan ras manusia dari kepunahan akibat bencana sosial dan alam. "Saya berpikir manusia tak akan bertahan dalam milenium sekarang tanpa melarikan kehidupan ke planet lain. Planet (Bumi) ini sudah terlalu rapuh," kata dia, saat menyampaikan kuliah jarak jauhnya di Inggris dan Sydney, Australia, seperti dilansir the Huffington Post, Rabu (29/4).

Menurut dia, banyak yang tak bisa dihindari dari kepunahan ras manusia di Bumi. Paling masuk akal adalah ancaman benda langit. Bumi, kata dia, cepat atau lambat tak akan bisa menghindar dari tubrukan asteroid. Kondisi tersebut, ujar dia sudah banyak penelitiannya.Sedangkan kepunahan lainnya disebabkan meningkatnya sentimen sosial bagi ras manusia itu sendiri.

Hawking mengatakan perang nuklir sudah diprediksi sejak lama. Kemajuan teknologi persenjataan itu, adalah petaka tersendiri bagi kemampuan dan kreasi ras manusia. Oleh karenanya, menurut dia, perlu ada semacam koloni luar angkasa untuk menyelamatkan populasi manusia.

"Saya hanya ingin mendorong agar kemajuan ruang angkasa adalah untuk kepentingan publik," ujar dia.

Dia percaya, eksplorasi keluasan langit, akan membawa manusia ke suatu alam kehidupan yang cocok untuk manusia. "Suatu hari mungkin akan ada buktinya bahwa ada beberapa alam semesta yang sama (seperti di Bumi)," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement