Kamis 30 Apr 2015 12:16 WIB

Presiden IOC: Australia Berpeluang Besar Tuan Rumah Olimpiade 2028

Red:
Para wali kota Queensland Tenggara mendukung pencalonan bagi tuan rumah 2028.
Foto: abc news
Para wali kota Queensland Tenggara mendukung pencalonan bagi tuan rumah 2028.

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengatakan Australia berpeluang besar menjadi tuan rumah perhelatan olahraga internasional pada 2028 mendatang. Pengajuan dari Australia berasal dari  Brisbane dan Queensland Tenggara.

Meski demikian, proses pencalonan yang diperkirakan akan ketat. Komite Olimpiade Australia (AOC) awal April sudah mendukung pencalonan tersebut yang diajukan oleh para wali kota dari Queensland Tenggara, dengan pusat penyelenggaraan di Brisbane.

Presiden IOC Bach mengatakan bahwa dia sudah bertemu dengan Perdana Menteri Australia Tony Abbott dan mendiskusikan pencalonan tersebut menyusul keberhasilan Melbourne menjadi tuan rumah tahun 1956 dan Sydney di tahun 2000.

"Pencalonan dari Australia pasti akan mendapat banyak simpati, dan memiliki peluang besar untuk menang." kata Bach dalam jumpa pers baru-baru ini.

"Ini untuk 2028, dan masih lama, dan saya mengatakan kepada PM bahwa saya berharap Australia akan menghadapi tantangan sengit."

"Namun karena Australia memang suka menghadapi tantangan, dan kemudian berhasil memenangkan tantangan tersebut."

Bila berhasil, maka Australia akan menjadi tuan rumah lagi 28 tahun setelah penyelenggaraan Olimpiade Sydney tahun 2000 dan menjadi negara yang menyelenggarakan Olimpiade tiga kali.

Sejauh ini, hanya Yunani, Inggris dan Amerika Serikat yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade lebih dari tiga kali.

Olimpiade musim panas 2016 akan diselenggarakan di Brasil untuk pertama kalinya, dengan Tokyo menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya di tahun 2020.

Kawasan Gold Coast di Queensland menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Persemakmuran 2018.

Pencalonan dari Australia ini tampaknya akan difokuskan pada satu wilayah yaitu Queensland Tenggara, dengan pusatnya di Brisbane.

Kawasan itu terbentang dari Gold Coast ke Tooowomba di Sunshine Coast, dan resminya akan disebut 'SEQ2028 (South-east Queensland).

Ini adalah untuk pertama kalinya sebuah kawasan regional mengajukan diri menjadi tuan rumah dan bukannya sebuah kota.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement