Kamis 07 May 2015 08:33 WIB

Khamenei Kecam Serangan Koalisi Arab Saudi di Yaman

Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei.
Foto: Reuters
Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemimpin Spiritual Iran Ali Khamenei pada Rabu (6/5) menyebut pemboman pimpinan Arab Saudi terhadap kelompok Houthi sebagai agresi yang tak bisa dibenarkan terhadap negeri itu. Dia juga mencaci dukungan AS.

"Pemerintah Arab Saudi sibuk membunuhi orang yang tak bersalah dan perempuan dan anak-anak di Yaman tanpa pembenaran apa pun dan hanya berdasarkan dalih rakyat Yaman tak menerima seseorang sebagai presiden," kata Khamenei, yang dikutip Press TV.

Dia menambahkan Amerika Serikat juga mendukung kejahatan besar tersebut, dan pada saat yang sama menuduh Iran. Arab Saudi menuduh Iran mempersenjatai dan mendanai petempur Houthi, tapi Iran membantah tuduhan itu.

"Rakyat Yaman tak memerlukan senjata dari Iran sebab mereka menguasai semua pangkalan militer di negeri mereka", kata Khamenei.

Pemimpin spiritual Iran tersebut menambahkan kebutuhan paling mendesak rakyat Yaman ialah bantuan kemanusiaan. Rakyat Yaman tak bisa menerima bantuan akibat blokade yang diberlakukan.

Lebih dari 1.000 orang tewas dan 3.000 lainnya cedera dalam pertempuran dan serangan udara awal Maret lalu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement