Jumat 08 May 2015 13:00 WIB

Arkeolog Temukan Harta Karun di Lepas Pantai Madagaskar

Rep: c24/ Red: Bilal Ramadhan
Harta karun.
Foto: Reuters
Harta karun.

REPUBLIKA.CO.ID, MADAGASKAR -- Para arkeolog di lepas pantai Madagaskar menemukan lelmpengan perak. Pejabat pemerintah setempat mengatakan, kemungkinan harta karun itu milik bajak laut terkenal skotlandia Kapten Kidd.

Seperti dikutip upi.com, sekumpulan tim Amerika Serikat (AS) dan Inggris bersama arkeolog, yang dipimpin oleh AS explorer Barry Clifford, menemukan 110-pon lempengan perak, yang dari penampakkanya ada ukiran huruf "S" dan "T" disertai dengan ada simbol lainnya.

Lempengan perak itu ditemukan di lepas pantai Sainte Marie, dekat tempat Clifford. Di situ terdapat reruntuhan yang diklaim kapal bajak laut Skotlandia William Kidd yang pernah ada pada abad ke-17.

Presiden Madagaskar Hery Rajaonarimampianina dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh diplomat Inggris dan Amerika Serikat mempertontonkan temuan itu. Akun Twitter kantor presiden Madagaskar @PresidenceMada mengatakan ketemuan tersebut adalah item yang diyakini harta karun dari kapal Kidd.

Tim Clifford percaya kapal rongsokan dan perak slab, yang diyakini berasal di Bolivia, yang bertualang, lalu tenggelam pada bulan April 1698. Kidd digantung untuk pembajakan di London pada 1701.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement