Ahad 10 May 2015 11:56 WIB

Jumlah Anggota Parlemen Muslim di Inggris Cetak Rekor Baru

Rep: C38/ Red: Bayu Hermawan
Greater London, Inggris
Foto: AP PHOTO
Greater London, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON –Terpilihnya 13 politisi Muslim dalam pemilihan umum tahun ini mencatatkan rekor baru dalam sejarah parlemen Inggris. Jumlah itu meningkat dua kali lipat dari anggota parlemen Muslim yang terpilih tahun 2010, sebanyak 8 orang.

"Ini adalah berita besar. Ada lebih banyak anggota parlemen Muslim yang terpilih dari sebelumnya. Meski demikian, House of Commons masih belum mencerminkan keragaman penduduk," kata editor The Muslim News, Ahmed J Versi, seperti dilansir dari situs onislam.net, Ahad (10/5).

Ahmed juga mengapresiasi terpilihnya delapan perempuan Muslim dalam Pemilu kali ini, yang terdiri dari enam orang dari Partai Buruh, satu dari Partai Konservatif dan satu dari Partai Nasional Skotlandia (SNP).

Pemilihan ini juga menempatkan Muslim perempuan pertama dari Partai Nasional Skotlandia, Tasmina Ahmed Sheikh dalam jajaran anggota parlemen, bersama Muslim perempuan pertama dari Partai Konservatif, Nusrat Ghani.

Di Skotlandia, empat kandidat Muslim memenangkan kursi untuk pertama kalinya dari partai oposisi, mengikuti lima anggota parlemen lain yang kembali terpilih. Namun, Anas Sarwar di Glasgow, yang merupakan satu-satunya anggota parlemen Muslim dari Partai Buruh tidak terpilih kembali.

Setelah penghitungan akhir suara, Partai Buruh memiliki sembilan anggota parlemen Muslim, Tories tiga suara dan SNP satu suara. Berikut ini daftar ketiga belas anggota parlemen Muslim yang baru di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement