Selasa 12 May 2015 20:54 WIB

Sebarkan Paham Sekulerisme, Blogger Ini Tewas Dibunuh

Rep: melisa riska putri/c26/ Red: Ani Nursalikah
Blogger Bangladesh yang menyebarkan paham sekulerisme Ananta Bijoy Das (33 tahun)
Foto: www.theaustralian.com.au
Blogger Bangladesh yang menyebarkan paham sekulerisme Ananta Bijoy Das (33 tahun)

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Seorang blogger ditemukan tewas karena serangan parang di Bangladesh, Selasa (12/5) pagi waktu setempat. Ini menjadi pembunuhan kritikus ekstremisme agama ketiga dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Pejabat senior polisi Mohammad Rahmatullah mengatakan Ananta Bijoy Das (33 tahun) adalah seorang bankir dan juga blogger yang menganjurkan sekulerisme. Ia diserang oleh empat orang di distrik timur laut Sylhet.

Das menulis untuk Mukto Mona atau pikiran bebas. Situs tersebut menyebarkan rasionalisme dan menentang fundamentalisme.

Istri Das, Rafida Bonya Ahmed juga menjadi korban dalam serangan tersebut. Ia mengalami luka di kepala dan harus kehilangan satu jarinya.

Militan agama memang menargetkan penulis sekuler di Bangladesh dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah telah berusaha menindak kelompok-kelompok garis keras di negara Asia Selatan itu.

Dilansir dari New York Times, Selasa (12/5), ketua oganisasi blogger sekuler di Bangladesh Imran Sarker mengatakan Dash dibunuh lima pekan setelah kematian blogger sebelumnya, Avijit Roy. Selain itu Oyasiqur Rhaman dan Ahmed Rajib Haider juga dibunuh pada 2013 karena kasus yang sama.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement