Rabu 13 May 2015 11:54 WIB

AS akan Kirim Armada Militer ke Laut Cina Selatan

Rep: C23/ Red: Ilham
Anggota Militer AS (ilustrasi)
Foto: WIRED
Anggota Militer AS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pentagon sedang mempertimbangkan untuk mengirim pesawat militer Amerika Serikat (AS) dan kapal perangnya ke pulau yang direklamasi Cina, di Laut Cina Selatan. Tindakan AS ini bertujuan untuk menegaskan pada Cina perihal kebebasan navigasi di sekitar pulau reklamasi mereka.

Pertimbangan pengiriman armada militer AS ke Laut Cina Selatan dilakukan setelah Menteri Pertahanan AS, Ash Carter meminta hal tersebut. Carter juga meminta pilihan, termasuk mengirim kapal-kapal AS dan pesawat militer di 12 mil laut dari Kepulauan Spratly yang disengketakan.

“Kami sedang mempertimbangkan bagaimana menunjukan kebebasan navigasi ke daerah yang sangat penting untuk perdagangan dunia,” kata seorang pejabat AS, seperti dilansir BBC News, Selasa (13/5). Dia menambahkan, setiap pilihan dan pertimbangan yang akan dilakukan perlu disetujui oleh Gedung Putih.

Langkah yang diambil AS ini akan menantang upaya Cina untuk memperluas pengaruhnya di wilayah Spratly yang disengketakan. Karena Cina berniat membangun sarana dan pra saran di Kepulauan Spratly.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement