Rabu 13 May 2015 23:17 WIB

Pemimpin ISIS Tewas Dibom AS

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Karta Raharja Ucu
Militan ISIS memamerkan kekuatannya.
Foto: Reuters
Militan ISIS memamerkan kekuatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Menteri Pertahanan Irak mengklaim pemimpin kedua ISIS tewas dalam serangan udara yang dilakukan koalisi AS di utara Irak.

Juru bicara Brigjen Tahsin Ibrahim mengatakan, saat itu Abdul Rahman Mustafa Mohammed yang juga dikenal sebagai Abu Alaa al-Afari berada di sebuah masjid di dekat Tal Afar yang telah dijadikan target serangan AS. Menurut Ibrahim, Afari turut tewas bersama dengan puluhan militan lainnya yang berkumpul di Masjid al-Shuhada di Desa al-Ayiadiya, dekat Tal Afar. Tal Afar sendiri berada di utara provinsi Nineveh yang telah dikuasai ISIS sejak Juni 2014 lalu.

Selain itu, masih belum diketahui juga negara mana yang melakukan serangan udara terhadap ISIS. Namun seperti diketahui, AS selama ini bertanggung jawab pada hampir semua serangan yang dilakukan oleh negara koalisi sejak Agustus silam.

Gubernur Nineveh, Atheel al-Nujaifi pun menyatakan para relasinya telah mengkonfirmasi tewasnya Afari dalam serangan udara yang dilakukan pada Senin. Tetapi, seperti dilansir dari BBC, hingga kini belum ada konfirmasi dari militer AS maupun media ISIS. Dalam beberapa pekan ini dilaporkan, Afari telah mengambil alih sementara tanggung jawab atas operasi ISIS.

Menurut sumber dari Irak, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi tak mampu lagi mengambil tanggung jawab atas operasi ISIS akibat serangan udara yang dilakukan di Irak pada Maret lalu.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement