Sabtu 16 May 2015 07:42 WIB

AS Janji Bela Negara-Negara Arab

Rep: Gita Amanda/ Red: Indah Wulandari
Barack Obama
Foto: AP/Pablo Martinez Monsivais
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID,CAMP DAVID -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan para pemimpin negara Arab mengeluarkan pernyataan bersama setelah pertemuan di Camp David, Maryland. Pernyataan tersebut mengatakan, AS siap untuk terus membela negara-negara di kawasan Teluk tersebut.

Aljazirah melaporkan pada Sabtu (16/5), pernyataan tersebut menyatakan AS akan terus membela negara-negara Teluk.

Pernyataan bersama juga menggarisbawahi perjanjian kerjasama baru di berbagai bidang. Termasuk di antaranya kerjasama kontraterorisme, keamanan maritim, keamanan siber, dan pertahanan rudal balistik.

Obama bertemu dengan perwakilan dari enam negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) seperti Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Namun, tak semua negara mengirimkan kepala negaranya, termasuk Arab Saudi yang hanya mengirim putra mahkotanya mewakili sang raja.

Ketidakhadiran sejumlah pemimpin negara Teluk disinyalir akibat ketidaksenangan para pemimpin Teluk akan kebijakan AS terkait Iran. Selama ini, negara Teluk memandang, program nuklir dan campur tangan Iran di sejumlah konflik di Timur Tengah sebagai usaha Iran memperluas jejaring nuklirnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement