Ahad 17 May 2015 02:33 WIB

Washington Kekeringan Salju

Salju
Foto: afp
Salju

REPUBLIKA.CO.ID, SEATTLE -- Gubernur negara bagian Washington Jay Inslee menetapkan status darurat kekeringan. Dalam pernyataan yang disampaikan di Olympia, Ibu Kota Provinsi tersebut, Inslee mengatakan bahwa kekeringan semakin parah dalam beberapa pekan belakangan.

"Diperkirakan akan semakin memburuk pada musim panas yang akan tiba," katanya.

Pernyataan darurat itu akan diikuti oleh pencairan dana serta penyaluran air ke tempat-tempat yang membutuhkan.

Ia menjelaskan penyebab utama kekeringan di Washington karena timbunan salju di musim dingin tak terlalu banyak. Biasanya, sisa timbunan salju akan mencair dan mengaliri sungai dan danau. Air itu pada akhirnya akan menjadi bahan baku air bersih. Namun, untuk tahun ini timbunan hanya 16 persen dari jumlah rata-rata timbunan salju.

"Kita kekurangan salju. Kami menyebutnya kekeringan salju," katanya.

Washington, yang dikenal sebagai negara Lestari karena hutan-hutan yang terjaga karena hujan salju yang lebat, adalah salah satu negara bagian di barat yang berjuang melawan kekeringan.

California juga mengalami kekeringan terburuk karena timbunan salju di gunung yang biasanya memasok sepertiga kebutuhan air setempat, saat ini berada di titik paling rendah. Darurat kekeringan juga dinyatakan di beberapa bagian Oregon dan Nevada.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement