Ahad 17 May 2015 12:41 WIB

ISIS Menyelundup ke Eropa Melalui Kapal Imigran Afrika

Rep: c23/ Red: Damanhuri Zuhri
Militan ISIS kuasai Irak dan Suriah.
Foto: NBCnews
Militan ISIS kuasai Irak dan Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, LIBYA –- Pejuang militan Negara Islam Irak Suriah (ISIS) dikabarkan sedang diselundupkan ke Eropa oleh geng yang ada di Mediterania. Hal ini dikatakan Penasihat Pemerintahan Libya, Abdul Basit Haroun.

Klaim Haroun tersebut didasari atas percakapan dirinya dengan seorang pemilik kapal di Afrika Utara yang berada di bawah kekuasaan militan.

“Militan ISIS bersembunyi dan menyelundup di kapal-kapal yang penuh imigran,” kata Haroun, seperti dilaporkabn BBC News, Ahad (17/5).

Dia juga menerangkan polisi Eropa tidak akan mengetahui, mana ISIS dan mana imigran sungguhan. “Namun para militan biasanya duduk terpisah dari imigran lain,” ujarnya.

PBB memperkirakan ada sekitar 60 ribu imigran yang menyeberang ke Eropa melalaui Laut Mediterania tahun ini. Dalam proses migrasi tersebut, dikabarkan lebih dari 1800 orang dikhawatirkan meninggal.

Alasan mereka bermigrasi sebagian besar karena konflik yang tak kunjung berakhir di negara mereka masing-masing, seperti Suriah, Libya, dan Somalia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement