Ahad 24 May 2015 08:14 WIB

Serangan Militan Somalia Tewaskan Anggota Parlemen

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Julkifli Marbun
Somalia
Foto: VOA
Somalia

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Seorang anggota parlemen Somalia, Yusuf Dirir tewas tertembak dalam sebuah serangan di Mogadishu, Sabtu (23/5). Serangan diduga dilakukan oleh ekstremis.

Pihak berwenang keamanan mengatakan Dirir tewas ketika seorang bersenjata menembaki mobilnya. Tiga pekerja dari Kementerian Transportasi juga menjadi korban tewas dalam serangan lainnya.

Polisi mengatakan mobil Dirir dicegat oleh minibus kemudian diberondong tembakan. Media lokal melaporkan anggota parlemen lain terluka akibat insiden. Mereka telah dibawa ke rumah sakit.

Ucapan duka berdatangan pasca kematian Dirir. ''Ia adalah pria yang telah lama mengabdi pada negara, ia ingin melihat Somalia bersatu,'' kata ketua parlemen, Mohamed Osman Jawari dikutip BBC.

Tidak ada klaim tanggung jawab atas serangan terhadap politisi ini.  Tahun lalu, setidaknya lima orang anggota parlemen telah menjadi korban serangan militan.

Kelompok militan Alshabab mengaku membunuh Abdullahi Qayad Barre di dekat istana kepresidenan dengan menembaki mobilnya. Alshabab mengatakan mereka akan terus melanjutkan aksi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement