Ahad 24 May 2015 17:42 WIB

Militer Nigeria Selamatkan 20 Tawanan Boko Haram

Rep: C08/ Red: Djibril Muhammad
Tampila milisi Boko Haram.
Foto: Reuters
Tampila milisi Boko Haram.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Tentara Nigeria dilaporkan berhasil menyelamatkan sebanyak 20 tawanan kelompok ekstrim Boko Haram dalam sebuah operasi militer yang dialakukan sejak Jumat (22/5) kemarin.

Juru bicara Pertahanan Nigeria mengatakan operasi penyelamatan ini mengakibatkan seorang tentara Nigeria dan belasan anggota militan Boko Haram tewas.

"Tentara (Nigeria) yang telah berhasil melumpuhkan sejumlah teroris, namun satu tentara kami juga tewas dalam operasi pada Jumat itu," kata jubir pertahanan Nigeria Olukolade, dikutip dari World Buletin.

Olukolade menambahkan pihaknya sempat menemui berbagai kendala dalam upaya penyelamatan para tawanan. Sebab di sekitar wilayah yang dikuasai kelompok Boko Haram banyak tertanam ranjau darat yang membuat peralatan militer Nigeria hancur.

Sebanyak 20 tawanan yang terdiri dari wanita dan anak-anak itu, kata Oluklade berhasil dikeluarkan dari hutan, meskpun beberapa harus mengalami luka-luka.

Militer Nigeria dalam operasi ini didukung dengan sebuah tank lapis baja dan 10 kendaraan militer lainnya. Setelah para tawanan diselamatkan, militer Nigeria masih tetap melakukan penyerangan terhadap Boko Haram yang punya basis yang cukup kuat di beberapa titik yang tersebar di hutan-hutan.

Dalam beberapa bulan terakhir, militer Nigeria dikabarkan telah banyak berhasil dalam merebut sejumlah wilayah-wilayah penting yang sebelumnyan dikuasai Boko Haram. Beberapa wilayah yang sydah berhasil dibebaskan adalah Adamawa, Borno, dan Yobe yang berada di timur laut Nigeria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement