Rabu 27 May 2015 07:06 WIB

Pria Ini Dipenjara 150 Hari karena Telantarkan 130 Hewan Peliharaan

Kelinci yang lahir tanpa telinga
Foto: The Daily Telegraph
Kelinci yang lahir tanpa telinga

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Seorang pria telah meninggalkan puluhan tikus, kelinci dan hewan-hewan kecil lainnya dalam kondisi yang mengerikan. Hewan itu merupakan calon makanan untuk 37 ekor ular koleksi miliknya.

Steven Riddell, 43 tahun, meninggalkan 130 binatang kecil yang disimpan di kandang, di rumahnya di Erskine, Renfrewshire sejak April tahun lalu. Banyak yang mati, sekarat, dehidrasi, kelaparan dan terjebak dalam kotoran mereka sendiri.

Perlakuan yang dibuat Riddel telah mengakibatkan dirinya menerima hukuman penjara selama 150 hari. Ia dituduhkan pengadilan melakukan "penghinaan" untuk kesejahteraan hewan. Riddell akhirnya mengakui telah melanggar Undang-Undang Kesehatan dan Kesejahteraan Hewan Skotlandia.

Petugas kepolisian, Sheriff Pettigrew mengatakan Riddell harus mendapat balasan setimpal atas perbuatannya. "Terus terang, ini adalah penghinaan terhadap semangat gagasan kesejahteraan hewan," ujarnya dilansir BBC, Selasa (26/5).

Pada sidang pembacaan tuntutan sebelumnya, Riddell juga diperintahkan untuk membuang semua sisa 37 ular dia. Pengadilan sebelumnya mendengar bahwa kepolisian kota di Skotlandia menggerebek rumah Riddell dan melaporkan sesuatu aktivitas yang tak lazim.

Di dalam rumah kaca, di bawah terpal, mereka menemukan binatang yang disimpan di kandang dalam kondisi menyesakkan dengan sedikit udara dan cahaya alami. Salah satu inspektur bahkan hanya berada di dalam rumahnya sesaat lantaran mengalami kesulitan bernapas.

Usai gelar pengadilan, telah disepakati Riddell akan menyerahkan kepemilikan semua binatang kecil ke sejumlah penyelamat dan pencinta binatang di Glasgow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement