Kamis 28 May 2015 00:49 WIB

Korban Cuaca Panas India 1.100 Orang

Rep: c93/ Red: Taufik Rachman
Cuaca Panas
Foto: VOA
Cuaca Panas

REPUBLIKA.CO.ID,HYDERABAD -- Suhu musim panas yang sangat tinggi di India telah memakan sejumlah korban. Sejak bulan lalu hingga kini jumlahnya sudah mencapai 1.100 orang yang tewas.

Sebagian besar suhu ekstrem ini terjadi pada dua wilayah di Hyderabad, India yakni Andra Pradesh dan Telengana. Dilaporkan suhu ekstremnya mencapai di atas 45 derajat Celcius.

"Di Andra Pradesh korban mencapai 852  jiwa sedangkan Telengana berjumlah 266 tewas karena penyebab yang berhubungan dengan panas," kata pejabat Departemen Manajemen Bencana, Bhambal Ram Meena seperti dilansir dari CBS News, Kamis (28/5).

Surat kabar setempat mengatakan suhu gelombang panas saat ini lima sampai enam derajat di atas suhu normal. Layanan cuaca menyebutkan gelombang panas ini merupakan yang paling ekstrem dalam beberapa tahun terakhir.

Angin panas kering juga berhembus di New Delhi dan sebagian wilayah lainnya dari utara dan tengah India. Di kota banyak orang-orang berkumpul di sekitar kios penjual minuman dingin dan air es.

Para petugas cuaca memperkirakan suhu terik ini akan berlangsung selama seminggu ke depan. Musim hujan baru mulai turun pada minggu pertama bulan Juni. Pemerintah setempat telah menyarankan masyarakat untuk menghindari dehidrasi dan keluar rumah selama waktu-waktu terpanas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement