Jumat 29 May 2015 04:17 WIB

Qatar Kucurkan Dana Bantuan Pengungsi Rohingya

Rep: C15/ Red: Julkifli Marbun
Pengungsi Rohingya di Lhoksukon, Aceh.
Foto: Reuters
Pengungsi Rohingya di Lhoksukon, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pemerintah Qatar berencana akan mengucurkan dana untuk membantu biaya operasional para pengungsi Rohingya di Indonesia. Kucuran dana ini mengingat ribuan warga Rohingya yang ada di Indonesia dan masih memerlukan sejumlah bantuan.

Dilansir dari Qatar News Agency, Pemerintahan Qatar berencana akan mengucurkan dana 50 juta dolar, Kamis (28/5). Puluhan ribu warga Rohingya akhirnya bisa diselamatkan di pesisir pantai Indonesia setelah sekian lama terombang ambing di atas laut.

"Ini salah satu dukungan untuk Indonesia untuk menghadapi masalah pengungsi," ujar Emir Qatar Sheikh Tamim saat bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia di Doha, Kamis (28/5).

Organisasi internasional sebelumnya juga mengimbau bagi para negara PBB untuk bisa mengalokasikan sebagian dana untuk membantu memenuhi kebutuhan para pengungsi Rohingya ini.

Setidaknya 3.500 orang Rohingya berlayar hingga daratan Indonesia. Mereka merupakan para warga yang melarikan diri dari Myanmar. Seluruh dunia akhirnya memberikan perhatian sebab para pengungsi ini diketahui mendapatkan penganiayaan di tanah lahir mereka sendiri, Myanmar.

Hingga saat ini Pemerintah Myanmar masih menyebut 1,3 juta warga Ronghiya ini sebagai imigran gelap dari Bangladesh dan menyangkal warga tersebut merupakan warga negara Myanmar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement