Jumat 29 May 2015 13:28 WIB

Gunung Meletus, Pemerintah Jepang Evakuasi Warga

Rep: c26/ Red: Bilal Ramadhan
Gunung meletus (ilustrasi)
Gunung meletus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUCHINOERABU -- Sebuah gunung berapi di Pulau Kuchinoerabu, Jepang yaitu Gunung Shindake meletus pada Jumat (29/5). Pemerintah setempat langsung mengevakuasi warga ke pulau terdekat yakni Pulau Yakushima sekitar satu jam perjalanan menggunakan kapal.

Gunung Shindake dilaporkan meletus pada pukul 10.00 waktu setempat.  Letusan itu mengakibatkan gumpalan asap hitam yang menjunjung tinggi ke langit. "Ada ledakan besar dan asap hitam naik membumbung," kata petugas di pulau Nobuaki Hayashi seperti dilansir dari Reuters.

Belum ada laporan korban tewas atau luka terhadap sekitar 140 warga penghuninya. Dilaporkan warga segera berkumpul di pusat evakuasi sementara puncak gunung terus memuntahkan asap dan abu vulkanik. Akibat bencana ini, penerbangan ke Okinawa dan Asia Tenggara sementara terpaksa dialihkan. Namun belum ada pembatalan atau pengubahan jadwal penerbangan.

Gunung ini sebelumnya meletus pada musim panas tahun lalu. Jepang adalah negara paling aktif proses seismik di seluruh dunia. Kenaikan aktivitas gunung berapi dilaporkan terjadi di negeri matahari terbit ini. Pada 2014 llau bahkan 63 orang tewas akibat letusan Gunung Ontake secara tiba-tiba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement