Jumat 29 May 2015 13:50 WIB

Raja Salman Inspeksi Makkah Jelang Ramadhan

Rep: c 08/ Red: Indah Wulandari
Penguasa Arab Saudi Raja Salman.
Foto: Reuters
Penguasa Arab Saudi Raja Salman.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz melakukan kunjungan pertamanya ke kota Suci Makkah semenjak dia naik tahta pada 23 Januari silam.

Kunjungan Raja Salman ini bertujuan untuk memeriksa Kota Makkah untuk menyambut kedatangan jamaah jelang memasuki bulan Ramadhan dan juga sekaligus untuk persiapan menyambut bulan haji tahun ini.

Kedatangan Raja Salman pada Kamis (28/5) kemarin ini ditemani oleh Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal beserta pejabat tinggi lainnya.

Kedatangan mereka disambut oleh wali kota Makkah dan pimpinan dua masjid suci Osama Al-Bar dan juga penjaga kunci Kakbah kudus di Al-Safa Palace di Makkah. Setelah itu mereka mulai meninjau persiapan kedatangan jamaah yang dipersiapkan oleh departemen pemerintah.

Secara khusus, rombongan Raja Salman menghampiri proses perluasan Masjidil Haram yang diharapkan dapat menampung untuk kapasitas dua  juta jamaah.

Ketua Komite Haji dan Umrah di Makkah Saad Al-Qurashi mengatakan, kedatangan Raja Saudi untuk meninjau persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan dan bulan haji diharapkan dapat mempercepat  pembangunan infrastrktur penunjang di Makkah.

“Kunjungan kerajaan akan memberikan kontribusi untuk mempercepat pembangunan kota (Makkah) secara keseluruhan,” kata Saad, dilansir dari Arab News.

Sementara itu Direktur Proyek Pembangunan dua masjid Suci Sultan Al-Qurashi mengatakan, pekerjaan konstruksi akan dihentikan sementara selama bulan Ramadhan. Setelah itu, baru dilanjutkan kembali hingga rampung menjelang memasuki bulan haji.

Sultan menyebut, apa yang dilakukan oleh pemerintah Saudi ini dapat menambah peziarah ke Kota Suci dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement