Ahad 31 May 2015 05:25 WIB

Ingin Sukses? Menulislah!

Rep: c34/ Red: M Akbar
Menulis bisa menjadi kegiatan yang dilakukan ibu rumah tangga untuk mendapat tambahan penghasilan.
Foto: Prayogi/Republika
Menulis bisa menjadi kegiatan yang dilakukan ibu rumah tangga untuk mendapat tambahan penghasilan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Menulis bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan. Apalagi, bila dilakukan teratur setiap harinya.

Hal itu disampaikan oleh Leo Babauta, jurnalis dan penulis asal Amerika. Menurutnya, menulis teratur dapat mengubah hidup. “Saya sarankan menulis setiap hari untuk siapapun, bukan hanya penulis,” ungkapnya, seperti dikutip dari lamannya, zenhabits.net.

Leo mengatakan, banyak hal positif dan pembelajaran dari kebiasaan menulis teratur. Berikut di antaranya:

- Menulis membantu Anda merenungkan hidup dan perubahan yang telah Anda jalani. Hal ini sangat berharga, sebab manusia terkadang melakukan hal-hal tanpa menyadari mengapa, atau apa efek hal yang dia lakukan terhadap hidupnya.

- Menulis menjelaskan pemikiran Anda. Pikiran dan perasaan bisa jadi hanya terlintas samar dalam benak. Menulis dapat mengkristalkan pikiran-pikiran dan menempatkan mereka dalam urutan logis.

- Menulis secara teratur membuat keterampilan menulis Anda membaik. Kemampuan itu adalah aset yang kuat untuk karir maupun pendidikan.

- Menulis untuk pembaca (bahkan jika pembaca hanya satu orang) membantu Anda untuk berpikir dari perspektif orang lain. Anda akan mulai memahami orang lain dan memiliki empati dan pemahaman yang lebih luas. Hal ini baik untuk Anda yang sedang membangun bisnis apapun, meniti karier, atau membangun jaringan dan sosialisasi.

- Menulis persuasif - untuk meyakinkan orang lain dari sudut pandang Anda - membantu Anda lebih terlatih membujuk orang untuk mengubah pikiran mereka.

- Menulis harian memaksa Anda mendapatkan ide-ide baru secara teratur, sekaligus memaksa Anda untuk memecahkan masalah.

Selamat menulis!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement