Rabu 03 Jun 2015 03:19 WIB

Hadapi Provokasi Cina, Vietnam Kerahkan Dua Kapal Rudal

Rep: c23/ Red: Agung Sasongko
Laut Cina Selatan
Foto: timegenie.com
Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Vietnam mengerahkan dua kapal rudal yang dimodifikasi Rusia. Langkah ini diambil guna menghadapi provokasi Cina di Laut Cina Selatan.

Wakil Menteri Pertahanan Vietnam Truong Quang Khanh mengatakan, kapal rudal baru tersebut menunjukan Vietnam sepenuhnya mampu menguasai teknologi dan teknik pembuatan kapal militer modern. "Dan ini akan meningkatkan kekuatan tempur dan membantu melindungi kedaulatan maritim Vietnam," jelas Khanh, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (2/6).

Para ahli militer menilai penguatan kekuatan pertahanan yang dilakukan Vietnam sebagai tanda tekad melawan Cina. Sebelumnya, Vietnam juga pernah bersitegang dengan negeri Tirai Bambu pada tahun lalu.

Cina sebenarnya sekutu ekonomi dan politik yang penting bagi Vietnam. Hubungan keduanya memanas setelah Cina melakukan reklamasi di Laut Cina Selatan, tepatnya di pulau Spartly.

Selain Vietnam, negara lain seperti Filipina, juga menentang reklamasi Cina tersebut. Selain karena klaim sepihak yang dilakukan Cina di perairan tersebut, reklamasi itu juga dikhawatirkan akan berujung pada pembangunan kekuatan militer yang dapat mengganggu keamanan, terutama di Asia Tenggara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement